Pengen Punya Desain Interior Rumah Shabby Chic? Lakukan 5 Tips Berikut Ini

by Bintang North Star on

Gaya dekorasi shabby chic menonjolkan desain yang feminin namun dengan kesan usang pada beberapa elemen pendukungnya. Tata ruang dengan konsep shabby chic ini meski sekilas tampak bernafaskan nuansa victorian style, tapi sebenarnya juga bisa menggunakan unsur yang lebih modern sesuai dengan masa kini.

tips  dekorasi rumah shabby chicUntuk mendekorasi dan mendesain interior ruangan ala shabby chic kita perlu berani bereksplorasi dengan barang dan perabotan yang ada di rumah. Tak perlu melulu harus beli barang baru. Bahkan jika kamu pandai membuat perabotan dengan diy (do it yourself), kamu bisa mendapatkan perabotan bernuansa shabby chic sesuai dengan ekspektasi.

1. Furnitur

Flickr

Periksa rumahmu. Apakah ada perabotan dari kayu yang bisa dipermak? Kamu hanya perlu mengecat furnitur kayu yang ada di rumah dengan warna putih dan menggosoknya dengan amplas untuk memberikan kesan shabby/ usang dimakan usia. Lebih bagus lagi jika furniture tersebut memiliki ukiran bergaya vintage.

2. Elemen Dekor

dekorasi shabby chic

Kesan shabby chic juga bisa tampak kuat pada dekorasi yang menggunakan bahan-bahan dari kain yang dibentuk rimpel, renda, atau plisket dengan warna-warna pilihan yang lembut seperti putih, pink, biru muda, atau beige.

Model kain yang bergaya ala victoria ini bisa digunakan untuk tirai, sarung bantal, sprei, penutup kanopi, hingga taplak meja.

3. Dinding

desain shabby chic

Di bagian dinding rumah, desain shabby chic mengandalkan warna pucat seperti putih, beige, gading, soft pink dan biru muda. Unsur calm menjadi sangat kuat pada model desain ini.

4. Penerangan

lampu rumah shabby chic

Bagian penerangan juga bisa menonjolkan kesan shabby chic jika kamu menggunakan model penerangan dengan cahaya yang temaram dan kurang kuat. Lampu model chandelier atau lampu kristal biasanya  menjadi pilihan untuk desain interior shabby chic.

5. Lantai

rumah shabby chic

Penggunaan lantai dengan menggunakan kayu bisa menjadikan nuansa interior rumah menjadi sangat shabby chic.  Kayu yang natural dengan efek dingin di kaki akan memberikan kesan lebih natural dan itu sesuai dengan konsep shabby chic ala victoran.

Selain memberikan kesan romantis, tema shabby chic untuk rumah juga mengesankan kehangatan dan keramahan. Meski begitu kebanyakan penyuka desain ini adalah kaum wanita yang cenderung berkepribadian hangat namun sensitif.

Kamu salah satunya? Share pendapatmu ya.

 

Written by: Bintang North Star

A Passionate blogger who wants to conquer the cyberworld. Semua postingan ditulis dengan penuh cinta. Jangan coba-coba menyalinnya tanpa mencantumkan sumber. Be honest, please.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *