Tips Memilih Mainan Yang Mendidik dan melatih Kreatifitas

by Bintang North Star on

Tips Memilih Mainan Yang Mendidik dan melatih Kreatifitas

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk setiap anaknya. Berbagai cara dilakukan agar bisa memberikan yang terbaik. Tanpa terkecuali memberikan mainan kepada anak. Terkadang orang tua terkesan menuruti keinginan anaknya untuk mendapatkan mainan yang mereka inginkan. Nyatanya hal tersebut tidak tepat karena hal itu justru mendidik anak kita menjadi anak yang boros dan manja.

                Ada baiknya anda sebagai orang tua bisa cermat dan cerdas dalam memilih mainan untuk anak kita. Usahakan untuk memberikan mainan yang bisa mengembangkan kecerdasan, emosi dan kemampuan menganalisa lingkungannya. Jangan berikan mainan yang berupa gadget atau mainan yang membuat anak kita menjadi pribadi yang individualis karena mereka belum saatnya untuk bermain menggunakan gadget. Berikut ini adalah tips memilih mainan yang mendidik nuntuk anak kita :

  • Pilih mainan sesuai dengan usia mereka

Sesuaikan dengan usia mereka. Anda bisa memilih mainan yang mengeluarkan bunyi – bunyian untuk anak usia dibawah 6 bulan. Mainan ini akan merangsang anak kita untuk berlatih mengenali suara yang ada disekitar mereka. Ketika anak sudah berusia 1 tahun, anda bisa memberikan kepada mereka mainan yang berwarna tajam. Yang sangat baik untuk melatih daya penglihatan anak kita.

  • Pilihlah mainan yang mengasah daya pikir

Mainan seperti puzzle, kotak, atau segala sesuatu yang bisa membaut mereka berpikir, sangat baik untuk melatih kemampuan logika dan daya imajinasi mereka. Anak akan terbiasa untuk memecahkan suatu masalah. Sehingga jika mereka sudah besar tentu hal ini akan sangat baik untuk mereka.

  • Memilih mainan yang sesuai dengan jenis kelamin

Hal ini akan membuat anak kita menjadi peka dengan diri mereka sendiri. Usahakan untuk tidak memberikan mainan yang tidak sesuai dengan jenis kelamin mereka. Semisal dia adalah laki – laki maka berikan kepada anak kita mainan seperti bola, mobil – mobilan atau robot – robotan. Begitu juga sebaliknya jika anak anda perempuan, maka berikan kepada anak kita mainan seperti boneka atau peralatan memasak.

                Dari tips diatas yang perlu anda ingat adalah usahakan untuk tetap mendampingi anak anda setiap bermain. https://www.ruparupa.com/mainan-dan-bayi.html Karena bagaimanapun juga, yang paling dibutuhkan anak kita adalah perhatian dari orang tua. Sehingga anak akan merasa mempunyai teman bermain yang terbaik. Yaitu kita sebagai orang tua mereka. Selamat mencoba tips diatas.

Written by: Bintang North Star

A Passionate blogger who wants to conquer the cyberworld. Semua postingan ditulis dengan penuh cinta. Jangan coba-coba menyalinnya tanpa mencantumkan sumber. Be honest, please.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *