Tips Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru

by Bintang North Star on

Hidup sehat bukanlah isapan jempol belaka. Banyak orang yang bisa hidup sehat dengan menerapkan pola hidup sehat. Hanya saja kadang kita sebagai manusia malas untuk menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari karena kemalasan diri untuk berolahraga hingga mengkonsumsi makanan yang kurang menyehatkan. Apalagi hidup di zaman di mana orang banyak sekali yang merokok dan seakan tidak peduli dengan kesehatan paru-parunya dan paru-paru orang lain.

paru-paru

Namun, meskipun kita hidup di era yang penuh tantangan terkena penyakit di mana-mana, bukan berarti kita harus menyerah dengan keadaan. Setidaknya dengan melakukan beberapa hal berikut ini, kita bisa memelihara paru-paru kita dari ancaman penyakit. Berikut ini adalah tips mudah menjaga kesehatan paru-paru yang bisa kamu praktikkan sendiri.

Minum Air Putih Secukupnya

Yang pertama adalah minum air putih yang cukup. Bahkan ada saran dari para dokter untuk bisa meminum air 8 gelas setiap harinya. Dengan meminum banyak air putih, maka secara tidak langsung akan mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh serta melancarkan buang air besar. Selain itu, manfaat air putih ini bisa menyehatkan organ tubuh kita, termasuk salah satunya paru-paru.

Olahraga Rutin

Setiap orang pasti sepakat bahwa manusia butuh olahraga untuk menjaga kesehatannya. Meskipun olahraga yang ringan sekali pun jika dilakukan secara rutin akan menyehatkan badan. Untuk menjaga kesehatan paru-paru pun disarankan untuk berolahraga ketika pagi hari saat udara masih sangat jauh dari polusi.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Sebagian besar penyakit yang timbul pada tubuh kita adalah karena makanan. Oleh karena itu, sangat penting menjaga makanan yang kita makan. Jangan terlalu banyak makan yang berlemak, mengandung banyak gula, dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, paru-paru kita juga akan ikut sehat.

Hindari Merokok dan Tempat Polusi Udara Lainnya

Banyak perokok mengakui bahwa kegiatan merokok yang mereka lakukan sangatlah berbahaya bagi paru-paru mereka. Hanya saja biasanya mereka susah meninggalkan merokok ini karena sudah menjadi kebiasaan. Bagi kamu yang belum kecanduan merokok, alangkah baiknya jika kamu menghindari perokok saat asyik merokok. Walaupun kamu tidak merokok, kamu akan terkena imbas asapnya yang bisa mengancam kesehatan paru-parumu. Selain rokok, kamu juga harus menghindari tempat polusi udara lainnya.

Itulah beberapa tips mudah menjaga kesehatan paru-paru yang bisa kamu lakukan. Bagi kamu yang sudah terlanjur terkena gejala penyakit paru-paru dan berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa memeriksakannya ke rumah sakit Jakarta Barat. Di rumah sakit Jakarta Barat tersebut kamu bisa mendapatkan nasihat-nasihat mengenai cara agar paru-parumu bisa membaik. Rumah sakit Jakarta Barat yang saya maksud adalah RSPI. Kamu bisa mencari tahu tentang RSPI Jakarta Barat dengan cara googling “RSPI rumah sakit Jakarta Barat”. Nanti kamu akan menemukan website-nya. Di sana akan kamu temukan layanan apa saja yang disedikan oleh RSPI.

Written by: Bintang North Star

A Passionate blogger who wants to conquer the cyberworld. Semua postingan ditulis dengan penuh cinta. Jangan coba-coba menyalinnya tanpa mencantumkan sumber. Be honest, please.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *