Tips Menjaga Keamanan Apartemen Saat Bepergian

by Bintang North Star on

Bepergian atau tamasya mungkin menjadi hal rutin yang anda lakukan bersama keluarga. Tentu anda sudah merencanakan barang apa saja yang mau dibawa, kendaraan yang akan dipakai, tempat menginap, dan sebagainya. Bagaimanapun, terkadang bisa saja anda lupa pada hal yang paling esensial; keamanan apartemen anda.

apartemen

Tidak ada yang bisa merusak kesenangan tamasya anda bersama keluarga kecuali mengetahui bahwa apartemen anda dibobol maling, kebakaran, atau mengalami kerusakan pipa air. Ikuti beberapa saran berikut ini yang berguna membantu anda mengamankan apartemen selama bepergian.

Periksa semua kunci pintu dan jendela beberapa minggu sebelum bepergian

Apakah pintu depan apartemen anda agak longgar? Atau jendela yang tidak bisa tertutup rapat yang mungkin anda biarkan selama ini? Catat semuanya dan buatlah jadwal dengan tukang servis untuk memperbaikinya. Waktu beberapa minggu sebelum bepergian akan memberikan jeda waktu yang lowong agar semuanya bisa diperbaiki. Perbaikan pintu dan jendela akan mencegah maling masuk ke apartemen anda.

Pastikan alarm kebakaran dalam kondisi hidup

Anda harus meluangkan waktu untuk memeriksa alarm kebakaran, bila memakai baterai pastikan untuk menguji baterai tersebut bekerja. Periksa kondisi alarm beberapa hari sebelum berangkat.

Pikirkan tentang hewan peliharaan anda

Jika anda tidak membawa hewan peliharaan selama liburan, pastikan anda meminta tolong tetangga yang dapat dipercaya atau tempat penitipan hewan untuk mengasuhnya selama anda pergi. Berikan nomer kontak anda agar bisa segera dihubungi bila terjadi apa-apa dengan hewan peliharaan anda.

Pasang “timer”

Timer adalah hal yang anda butuhkan bila ingin menampakkan seolah-olah anda sedang di rumah. Dengan timer ini anda bisa menyalakan lampu secara otomatis, menyalakan TV, radio dan sebagainya. Harganya murah dan instalasi relatif mudah, cukup pasang pada jaringan kabel dan setting sesuai keinginan anda.

Lapor pada manajer apartemen kalau anda akan bepergian

Memberitahu bahwa anda akan bepergian kepada manajer apartemen bukan ide buruk. Dengan pemberitahuan ini, manajer akan lebih proaktif mengawasi lingkungan sekitar apartemen anda. Dia bisa juga diandalkan apabila ada kiriman paket datang saat anda tidak dirumah.

Minta tolong tetangga untuk mengawasi apartemen anda

Alternatif lainnya anda bisa meminta tolong tetangga untuk mengawasi keadaan apartemen yang anda tinggalkan. Namun pastikan bahwa tetangga yang anda mintai tolong adalah orang yang anda percaya. Jangan lupa bawakan oleh-oleh untuk mereka bila anda pulang nanti.

Demikian sebagian tips untuk memastikan bahwa apartemen yang akan anda tinggalkan dalam kondisi aman. Bila anda adalah penghuni apartemen di jakarta selatan seperti Casa Grande Residence, pada dasarnya anda tidak perlu khawatir karena Casa Grande Residence apartemen di Jakarta Selatan sudah dilengkapi dengan keamanan yang bisa diandalkan.

Sumber : http://www.apartmentguide.com/blog/apartment-safety-vacation-tips/

Written by: Bintang North Star

A Passionate blogger who wants to conquer the cyberworld. Semua postingan ditulis dengan penuh cinta. Jangan coba-coba menyalinnya tanpa mencantumkan sumber. Be honest, please.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *