Avatar

6 aplikasi lokal wajib punya

by Novawijaya on

Berbagai aplikasi hadir untuk memudahkan hidup kita–termasuk 6 mobile apps asli buatan orang Indonesia yang berikut ini. Dengan sejumlah yang dimiliki masing-masing aplikasi, 

GO-JEK

Siapa tak kenal aplikasi ini. Sejak kemunculannya, penyedia jasa ojek online ini langsung ‘booming’ dan disambut dengan antusias oleh masyarakat, Meski begitu, banyak orang yang belum menyadari (atau belum menggunakan) berbagai jasa yang ditawarkan dalam apps ini selain Go-Ride dan Go-Food. Dengan fitur Go-Glam, misalnya, penampilan dapat di-upgrade dengan seketika. Kita bisa memilih layanan creambath, blow dry, hair cut, hair coloring, meni-pedi, maupun waxing; lalu siap-siap menyambut kedatangan hairstylist atau beautician di rumah kita. Pemesanan bisa kita lakukan mulai pukul 06.00 sampai pkl 20.00 WIB, sementara operating hours-nya adalah 08.00 – 00.00 WIB. 

SEEKMI

Aplikasi yang satu ini berfungsi mempertemukan penyedia jasa profesional dengan konsumen yang membutuhkan. Contohnya saat kantor kita butuh jasa penerjemah (translator), atau ketika kita ingin mencari trainer yoga yang bisa melatih di rumah–dapat kita cari melalui aplikasi ini. Sangat praktis dan memudahkan kita, karena dari satu aplikasi saja kita bisa menemukan berbagai jenis jasa yang berbeda (all-in-one directory). Sebaliknya, jika kita sendiri memiliki bisnis jasa dan hendak memperluas jangkauan konsumen, kita bisa mendaftarkan bisnis kita di Seekmi. Menarik, bukan?

GOERS

Sebagai wanita urban yang dinamis, hidup kita tentunya tak hanya diisi dengan kerja. What to do and where to go? Di Goers kita bisa cek ada event apa saja yang happening hari ini, besok, minggu depan, dan yang akan datang.  Baik itu konser musik, art festival, eksibisi, acara fashion ataupun kuliner; kita bisa dapatkan info lengkapnya di sini, bahkan bisa langsung pesan tiket acaranya! Selain itu, tim Goers juga memberikan rekomendasi acara dan tempat seru yang bisa kita share ke teman-teman.  

PUNDIT

Pundit merupakan aplikasi berbasis audio yang memungkinkan penggunanya mem-posting suara layaknya seorang penyanyi maupun penyiar radio. Pengguna dapat membuat talkshow dengan tema tertentu; dan pengguna lainnya dapat menanggapi, bertanya, serta menjawab pertanyaan (audio reply), memberi kesempatan bagi setiap orang dari seluruh penjuru dunia untuk ngobrol bareng dan menciptakan berbagai karya suara. Dilengkapi pula dengan voice filters, background music, dan juga sound effect. Sangat inovatif! Apps ini dikabarkan bakal rilis resmi di Indonesia mulai Oktober 2016.

QRAVED

“Makan apa di mana?” Jawabannya bisa kita temukan di apps ini. Qraved merupakan aplikasi direktori kuliner yang menyediakan informasi mengenai lebih dari 35 ribu restoran di Jabodetabek, Bandung & Bali.

Lewat aplikasi ini kita bisa menemukan resto baru yang menyediakan menu favorit, membaca review dan rekomendasi konsumen lain, berbagi pengalaman kuliner, bahkan mencari promo yang sedang berlangsung di berbagai tempat makan. Apps ini juga menjadi media promosi bagi restoran melalui artikel, komunitas, serta commerce yang menghubungkan lebih dari 1,8 juta pengguna aktif setiap bulannya.   

QLUE

Jakarta sebagai ibukota tentunya dituntut untuk menjadi “wajah Indonesia” yang bersih, tertib, aman, dan rapi. Hal ini hanya dapat diwujudkan dengan partisipasi seluruh warga. Qlue menjadi media sosial yang menghubungkan warga Jakarta dengan berbagai instansi terkait dalam menciptakan lingkungan yang ideal. Laporkan melalui apps ini bila ada jalanan berlubang di sekitar kantor kita, misalnya, atau ketika kasus kriminalitas di area rumah kita mulai mengkhawatirkan.

Daripada cuma complain dan melontarkan kritik pedas di akun media sosial sendiri, akan lebih bijak mengungkapkannya melalui media yang tepat (Qlue app) dan berkontribusi nyata bagi lingkungan. Right?

Avatar

Written by: Novawijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *