Avatar

Bahaya Mengancam untuk Orang yang Malas Mandi

by Novawijaya on

Normalnya mandi dilakukan dua kali sehari agar badan tetap bersih dan sehat. Namun terkadang ada orang yang malas mandi karena alasan tertentu misalnya karena terburu-buru atau terlalu dingin sehingga mandi menjadi rutinitas yang menyebalkan.

Jika Anda pernah atau sering mengalaminya, sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan tersebut. Kebiasaan malas mandi selain menyebabkan bau badan juga dapat berakibat buruk.

Bahaya akibat jarang mandi

Mandi merupakan kegiatan yang berguna untuk menjaga kebersihan tubuh dari kotoran dan keringat yang menempel pada tubuh. Jika orang sering malas mandi maka yang terjadi adalah bau, kotor dan orang akan menjauh karena bisa saja mengganggu. Bahkan bukan hanya itu, jarang mandi juga berdampak serius pada masalah kesehatan.

Perlu diketahui bahwa tubuh manusia ditutupi oleh dua meter kulit yang terdapat 2,6 juta kelenjar keringat dan akan mengeluarkan keringat disertai korotan. Selain itu tubuh kita juga ditumbuhi oleh ribuan rambut kecil dan halus. Ada dua jenis kelenjar keringat yaitu eccrine dan apocrine yang terdapat pada tubuh manusia.

Apocrine mengeluarkan keringat yang mengandung protein dan asam lemak dan akan membuat sesuatu jadi menebal dan berwarna kuning susu. Hal inilah yang membuat noda di ketiak berwarna kuning sehingga jika seseorang tidak mandi maka kotoran akan sulit keluar dari tubuh akibat lapisan kotoran yang menebal

Selain itu orang yang jarang mandi apalagi sampai beberapahari akan menimbulkan bau akibat bercampurnya bakteri dan rambut dengan kotoran yang dikeluarkan melalui keringat. Karena rambut melekat lengket di kulit, maka akan membuat tubuh lebih kotor jika tidak mandi. Kuman dan mikroorganisme yang menepel di kulit akan semakin mudah berkembang biak sehingga menyebabkan berbagai penyakit kulit karena kondisi tubuh yang lembab.

Ancaman penyakit kulit seperti panu, kadas maupun kurap bisa saja terjadi akibat tubuh kotor karena jarang mandi. Kondisi yang lebih parah sepertinya timbulnya mikroorganisme staphylococcus bisa berakibat fatal jika mikroorganisme ini mencapai aliran darah meskipun ini jarang terjadi.

Oleh karena itu, rajinlah mandi karena mandi merupakan ritual yang berguna untuk membersihkan badan. Selain itu, mandi juga memiliki manfaat kesehatan seperti berikut:

Mandi memberikan energi bagi tubuh

Ketika mandi, air yang mengenai kulit akan mengeluarkan ion negatif dan menggantinya dengan ion positif sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mandi merupakan proses detoksifikasi tubuh yang alami

Timbulnya racun di tubuh manusia seperti dari pestisida makanan atau akibat konsumsi air bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Racun ini tidak dapat dikeluarkan dari tubuh jika pori-pori kulit tersumbat kotoran dan lemak atau bahan kimia. Jika rajin mandi teratur, maka senyawa yang menutupi kulit akan hilang dan racun dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

Mandi akan membuat tubuh lebih rileks

Sensasi pantulan air yang mengenai kulit dapat menimbulkan relaksasi. Dengan adanya sensasi ini, maka mandi akan membantu mengatasi kesehatan mental. Selain itu manfaat mandi juga efektif mengurangi kecemasan dan stress.

Setelah mengetahui bahaya mengancam akibat jarang mandi dan manfaat dari mandi itu sendiri, mudah-mudahan Anda semakin bijak dan lebih rajin mandi. Demikian ulasan saya tentang akibat yang dapat di timbulkan saat anda malas mandi…

Avatar

Written by: Novawijaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *